Cari Blog Ini

Jumat, 18 Maret 2016

PENGERTIAN FOREX ONLINE TRADING


Apa sih min yang di maksut trading forex itu ? sahabat gooinsta yang baik hatinya trading forex itu adalah proses perdaganan mata uang asing suatu negara dengan negara lain untuk mendapatkan keuntungan dari selisih kurs nya .


Trus forex sendri mempunyai makna apa min?

Forex sendri berasal dari kata Foreign Exchange ,yang mana memiliki artian pertukaran matauang asing dari suatu negara dengan suatu negara lainnya awal mulanya sebagai alat pembayaran export dan import.

karena terdapat perbedaan suply dan demand dalam satuan waktu tertentu itulah yang mengakibatkan adanya kenaikan dan penurunan nilai suatu matauang sobat gooinsta sekalian ,selisih dari perbedaan nilai uang ini lah yang kita manfaatkan untuk mendapat kan keuntungan dan dengan itu juga terciptalah yang di namakan pasar forex.

nah sobat gooinsta sekalian kita sudah membahas apa yang di maksut dengan forex , sekarang kita lanjutkan ke bahasan forex online trading itu apa ?

karena forex tadi adalah pertukaran mata uang asing , sekarang forex online trading sendri adalah perdagangan mata uang asing yang kita lakukan secara terus menerus untuk mendapat keuntungan dengan memanfaatkan media online sebagai perantaranya , media online yang kita gunakan sendiri sudah kusus di berikan dari pihak penyedia layanan forex online trading (broker forex) yang di sebut platform trading .

nantinya platform trading ini yang akan membantu perdagangan kita setiap saat , biasanya menggunakan metatrader 4 yang tersedia untuk smartphone dan komputer
oya sobat gooinsta ku , jangan di samakan trading forex online dengan trading saham ya ? loh kenapa min bukanya sama-sama jualan ? sobat gooinsta trading forex online dan trading saham itu ada perbedaanya , kalau trading saham itu kita akan untung saat harga naik alias searah 
tapi jika trading forex online itu ada dua arah bisa kita beli jika harga akan naik dan bisa kita jual saat harga turun .

sobat gooinsta yuk kita bahas cara menghitung keuntungan nya ?

sebagai contoh harga nilai tukar EUR/USD  sekarang adalah 1,2000
apa maksutnya min? maksut dari harga itu adalah

jika kita memiliki uang 1 EUR maka sebanding dengan 1.2000  dollar
klo pada kehidupan nyatanya saat kita memegang uang 1 EUR trus ke bank untuk menukarkan dengan dollar maka pihak bank akan memberi kita 1.2000 tiap 1 EUR nya .
sobat gooinsta sekalian sekarang bagaimana jika kita memiliki uang dollar senilai $240 dan mencoba untuk melakukan trading forex ini ?
pertama kita sebagai investor harus tahu apakah harga tiap 1dollarnya naik atau turun ?dari informasi ini saya akan mengasumsikan bahwa pasar EUR/USD akan naik, maka saya akan membeli mata uang EUR/USD (BUY di EUR/USD) dan itu artinya saya menukarkan uang USD saya menjadi EUR, oya sebelum melanjutkan perhitungan nya, modal kita yang ada di saldo trading itu adalah USD .

ok sekarang kita sudah menukarkan USD kita menjadi EUR , uang modal kita adalah $240 setelah di tukar semua ke EUR dengan harga per EUR adalah $1.2000 , maka 240/1.2000= 200 EUR

Ternyata beberapa jam kemudian prediksi kita benar harga mulai naik per EURnya yang tadinya $1.2000  sekarang menjadi $1.5000
maka saya berniat menjual uang saya dan menukarkan nya kembali ke dollar dengan perhitungan sebagai berikut
200 Euro saya tukarkan menjadi dollar dengan harga $1.5000 setiap 1 Euro nya maka hasilnya 200x1.5000=$300

nah dari sini kita sudah bisa mendapat keuntungan yang tadinya modal kita trading awal 240 dollar kini modal kita sudah menjadi 300 dollar , keuntungan yang kita dapat adalah 60 dollar dalam transaksi ini 

sekarang saya akan menjelaskan perhitungan keuntungan jika harga turun

jika naik tadi kita berperan sebagai  pedagang yang sedang membeli untuk menjual lagi maka saat harga turun kita berperan sebagai makelar/calo atau orang yang buka harga dahulu setelah harga rendah kita baru membelikan nya yang nantinya sisa uang nya adalah keuntungan kita , ok sekarang kita masukan keharganya  :

harga saat ini untuk nilai tukar EUR/USD adalah 1.5000

saya akan memprediksikan harga sudah tidak kuat untuk melanjutkan naik dan harus nya turun , uang kita awal setelah kita trading untung totalnya 300 dollar ,sekarang saya akan menjual EUR sehingga saya akan melakukan SELL di EUR/USD dengan harga SELL saat ini 1.5000. karena uang saya adalah dollar dan tidak memiliki EUR maka saya melakukan proses pinjam Euro  ke broker untuk di jual atau di tukar ke dollar.
dengan asumsi aset modal 300 dollar saya akan menjual EUR ke broker dengan harga saat ini 1.5000 , nah di sini uniknya saya menjual EUR kepada broker dengan harga 1.5000 tapi kita bilang ke broker nanti saya kasih EUR nya hehehe ( saya utang dulu EURnya ) , sibrokernya jawab ok dapetlah saya utangan 200Euro sama broker uang modal aset saya masih ada 300dollar eh masih di pinjami broker 200Euro , nah ini yang sangat unik saya kembali ke broker untuk menukarkan Euro pinjaman 200dollar tadi menjadi dollar lagi dapet 300 dollar lagi hehehe sekarang  saya punya dana 300dollar modal awal sendri ,300 dollar dari uang pinjaman broker dan harus mengembalikan pinjaman brokerdalam ujud Euro.

bagai mana sobat gooinsta unik bukan alur critanya kalau di dunia nyata brokernya pasti ngamuk ngamuk kalau di dunia trading ga ada acara ngamuk ngamuk heheeh,ok lanjut lagi ke bahasan yang tadi eh ternyata beberapa jam kemudian harga EUR/USD nya benar turun yang tadinya 1.5000 turun menjadi 1.2000 wah wah ini saatnya kita untuk mengembalikan pinjaman EUR kita ke broker , dengan kronologi sebagai berikut

uang yang tadinya dapet pinjaman broker 200EUR dan sudah di tukarkan dolar ke broker lagi menjadi 300dollar sekarang kita tukarkan lagi dollar itu ke broker dengan harga EUR yang lebih murah yaitu  1 Euronya =1.2000 maka untuk membayar utang kebroker 200/1.2  (uniknya disini hihihi)
Setelah mendapat pinjaman 200 Euro 
Beberapa jam kemudian nilai tukar EUR/USD benar turun dari 1,5000 menjadi 1,2000
Artinya 1 EUR= 1,2000 USD maka uang saya 200x1.2000=240dollar nilai yang harus dikembalikan ke broker sedangkan uang pinjaman total kan 300dollar maka 300-240=60dollar keuntungan kita :)
nah sobat gooinsta yang baik hatinya kronologi di atas hanyalah asumsi penggambaran sebuah mekanisme pasar forex apabila di jadikan menjadi kehidupan nyata,saat melakukan jual dan beli di softwarenya tidak serumit ini hanya tinggal klik jual (SELL) atau beli (BUY) semua sudah terhitung secara otomatis gak perlu ngitung lagi heheeh mudah dan singkat, jika harga naik kita klik BUY sudah untung kita klik CLOSE dan jika turun kita SELL saat sudah untung klik CLOSE sederhanakan .
setelah kita memahami gambaran tentang trading forex online ini maka di dalamnya tersimpan kesempatan yang sangat besar karena adanya trading dua arah sell dan buy . serta bisa melakukannya kapan saja dengan potensi yang tidak terbatas maka belajar lah instrumen trading forex online ini sebagai pilihan investasi masa yang menguntungkan 
ok sebat gooinsta yang berbahagia saya cukupkan sekian karenasudah kayak kereta ngetiknya smoga artikel ini menambah manfaat dan berkah bagi kita semua amin :)
Gooinsta bukanlah BROKER , kami TIDAK menerima investasi dalam bentuk apapun atau tidak pernah menjalin kerjasama dengan pengelola investasi manapun. Segala bentuk investasi yang mengatas namakan gooinsta bukan dari pihak gooinsta. Dan segala resiko yang di akibatkan oleh BROKER sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Trader.

Terima Kasih
gooinsta

Sering Dibaca

SHARETHIS